Type Keyword(s) to Search
ASK THE EXPERT

Cara Mengobati Diare pada Bayi

Cara Mengobati Diare pada Bayi

Dijawab oleh dr. Jeanne-Roos Tikoalu, Sp.A, IBCLC dari RS Pondok Indah dan RS Puri Indah.

 

T: Dok bayi saya mengalami diare selama 3 hari dengan warna tinja kuning kehijauan. Teksturnya juga tampak berserat, lengket dan kental. Saya sudah periksakan kondisinya ke dokter dan diberikan oralit, tetapi tetap belum sembuh. Kira-kira apa yang terjadi dengan bayi saya ya, Dok? Bagaimana menanganinya?


J:  Anak diare memang kondisi yang mengkhawatirkan, baik untuk anak maupun orangtua. Warna tinja yang normal berwarna kekuningan, cokelat, cokelat tua bahkan kadang kehijauan. Namun tekstur berserat, lengket dan kental yang dialami Si Kecil, mungkin saja menandakan adanya gangguan pencernaan atau infeksi saluran cerna anak.
Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan feses. Hasil laboratorium dapat menjadi panduan obat apa yang selanjutnya akan diberikan. Orangtua dapat memberikan cairan oralit dan menghindari pemberian makanan yang merangsang terjadinya diare, sebagai pertolongan pertama. Karena itu, jika diare pada bayi Anda belum kunjung sembuh juga, segera bawa Si Kecil untuk dilakukan pemeriksaan feses. (Carla/Meiskhe/HH/dok.Freepik)