BABY

Virus Zika Sebabkan Bayi Lahir Berkepala Kecil



Kasus bayi yang lahir dengan kepala kecil (microcephaly) semakin meningkat di Brazil. Microcephaly merupakan masalah neurologis, yang membuat bayi lahir dengan tengkorak dan otak yang kecil. Setelah melakukan berbagai riset, para ahli menemukan bukti baru bahwa kondisi ini terjadi akibat virus Zika. Menurut banyak ilmuwan, virusZika menginfeksi ibu hamil melalui gigitan nyamuk aedes aegypti.

Microcephaly dideteksi mulai mewabah di Brazil tahun lalu. Kementerian Kesehatan Brazil memperkirakan penderitanya semakin meningkat, dari 3.530 menjadi 3.893 kasus. Karena dianggap dapat menyebabkan cacat janin, mereka memperingatkan ibu hamil untuk menghindari gigitan nyamuk dengan selalu menggunakan obat anti nyamuk.

Sejak pertama kali ditemukan di Afrika pada 1947, para ilmuwan sama sekali tidak membayangkan bahwa virus ini sangat menakutkan dan dapat terjadi di wilayah Amerika. Dilansir melalui Daily Mail, angka kematian bayi yang mengalami microcephaly sudah mencapai 49 kasus. Fiocruz, biomedical center di Curitiba, Brazil, mengungkapkan bahwa virus Zikayang bersarang di plasenta ibu hamil juga dapat menyebabkan keguguran.

“Ini adalah satu kemajuan yang cukup signifikan, namun kami masih belum bisa memberikan pernyataan ilmiah bahwa virus Zika merupakan penyebab dari microcephaly,” ujar Jean Peron, ahli imunologi dari University of Sao Paulo's Institute of Biomedical Sciences.

U.S Centers for Disease Control and Prevention memberikan peringatan bagi ibu hamil untuk menghindari berkunjung ke 14 negara, serta teritorial Karibia dan Amerika Latin yang terinfeksi virusZika. Sementara pemerintah di Kolombia, negara dengan infeksi virus Zika tertinggi setelah Brazil, menganjurkan agar para wanita tidak hamil selama 6-8 bulan ke depan untuk menghindari risiko terinfeksi.

CDC menjelaskan gejala umum virus Zika meliputi demam, ruam, nyeri pada tulang sendi, dan konjungtivitis sekitar beberapa hari hingga seminggu. Walaupun infeksi ini masuk dalam kategori ringan, beberapa ahli di Brazil menyebutkan, virus ini ada hubungannya dengan cacat lahir bayi. Sampai sekarang belum ada vaksin untuk mencegah atau obat yang dapat menyembuhkan infeksi dari virus Zika. (Sagar/DC/Dok.AP/Daily Mail UK)

Baca Juga:

Bayi Lahir dengan Kepala Berbentuk Hati

Bayi Lahir Dengan Gastroschisis

Bayi Lahir dari Ibu Mati Otak

Virus Zika Sebabkan Bayi Lahir Berkepala Kecil

Penyebab Pertumbuhan Janin Terhambat

Unik! Bayi Ini Memiliki Tanda Lahir Berbentuk Hati