Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Khasiat Mengagumkan dari Bawang Putih

10 Khasiat Mengagumkan dari Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan utama yang biasa digunakan untuk membuat berbagai masakan, terutama masakan Indonesia. Tak hanya digunakan sebagai bumbu untuk masakan saja, bawang putih juga telah lama digunakan sebagai bahan obat tradisional. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi pada bawang putih yang luar biasa dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Untuk dapat mengambil manfaat kesehatan dari bawang putih ini, selain mengonsumsinya dalam bentuk bumbu untuk masakan, suplemen atau ekstrak bawang putih, Moms juga bisa mengonsumsinya dengan cara menjadikannya jus bawang putih. Sebelum Anda mencobanya, yuk intip terlebih dahulu berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan bawang putih untuk tubuh Anda!

1. Memperkuat sistem imun tubuh

Mengonsumsi bawang putih diyakini dapat memperkuat sistem imun tubuh Anda. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung senyawa alliin yang berubah menjadi allicin saat dikunyah atau dihancurkan. Senyawa ini mengandung belerang yang dengan cepat diubah menjadi senyawa lain yang mampu melawan penyakit dan meningkatkan respons sel darah terhadap virus tertentu.

2. Melawan pilek

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan selama 12 minggu, mengonsumsi suplemen bawang putih setiap hari dapat mengurangi kemungkinan seseorang terkena pilek hingga 63% dibandingkan mengonsumsi plasebo.

Selain itu, durasi rata-rata gejala flu juga berkurang hingga 70%, menjadi hanya 1,5 hari pada seseorang yang mengonsumi suplemen bawang putih. Sementara studi lain juga menemukan bahwa mengonsumsi esktrak bawang putih tua (2,56 gram per hari) dapat mengurangi durasi sakit pilek atau flu sebesar 61%.

3. Menghilangkan batuk dan sakit tenggorokan

Mengonsumsi jus bawang putih dengan air panas dapat meredakan efek dari batuk dan sakit tenggorokan. Moms juga bisa mencampurkan jus bawang putih dengan jus buah delima untuk memperkuat efek antioksidannya.

4. Membantu mengatasi penyakit asma

Penderita asma tak jarang mengalami kesulitan untuk bernapas. Mengonsumsi bawang putih dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi prostacyclin, yaitu molekul lipid yang membantu menjaga saluran udara pada paru-paru agar tetap terbuka sehingga hal ini dapat memudahkan penderita asma untuk bernapas.

5. Menurunkan kolesterol

Bawang putih diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat. Menurut The National Institutes of Health, bagi seseorang yang memiliki kolesterol tinggi, mengonsumsi suplemen bawang putih dapat mengurangi kadar kolesterol total dan atau kolesterol jahat sekitar sekitar 10-15%.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat memicu penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke, yang merupakan penyakit mematikan terbesar di dunia. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada manusia, ditemukan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih punya dampak signifikan penurunan tekanan darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

7. Mencegah penyakit Alzheimer dan demensia

Kandungan bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Sementara, kandungan antioksidan pada bawang putih (yang dapat melindungi dari kerusakan sel dan penuaan), diketahui juga bisa mengurangi risiko penyakit otak seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

8. Baik untuk kesehatan kulit dan rambut

Jus bawang putih dipercaya mampu membantu menghilangkan atau melawan tumbuhnya jerawat. Sifat antibakteri pada bawang putih dapat melawan bakteri yang menyebabkan tumbuhnya jerawat pada tubuh. Selain itu, mengusapkan jus bawang putih pada kulit kepala Anda bisa membuat akar rambut dan rambut Anda semakin kuat.

9. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi jus bawang putih secara rutin dapat mengurangi efek buruk dari kolesterol jahat. Selain itu, bawang putih juga meningkatkan kadar metabolisme tubuh dan membantu membakar lemak lebih cepat. Rutin mengonsumsi jus bawang putih dibarengi dengan olahraga rutin dan pola makan yang sehat bisa menjadi cara tepat untuk melawan obesitas.

10. Meningkatkan kesehatan tulang

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan pengerat, ditemukan bahwa bawang putih dapat meminimalkan tulang keropos dengan meningkatkan estrogen pada wanita. Sementara studi lain yang dilakukan pada wanita menopause menemukan bahwa mengonsumsi dosis harian ekstrak bawang putih kering (yang setara dengan 2 gram bawang putih mentah) dapat menurunkan penanda defisiensi estrogen secara signifikan. Hal Ini menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih mungkin memiliki efek menguntungkan pada kesehatan tulang wanita.

Baca juga: 7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan Tubuh Anda

(M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)