Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Rambut Anda

7 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Rambut Anda

Moms pecinta kopi? Umumnya, minuman yang mengandung kafein ini dikonsumsi untuk membantu mencegah kantuk, terutama di malam hari. Tapi, ternyata kopi juga bisa menjaga kesehatan rambut Anda, lho.

Menurut penelitian, kafein di dalam kopi dapat memberikan manfaat ketika dipakai untuk mencuci rambut. Tidak hanya memperbaiki tampilan, tekstur rambut pun jadi lebih terawat dengan kopi. Berikut ini manfaat lengkap kopi untuk rambut Anda, Moms.

1. Mengeksfoliasi kulit kepala

Proses eksfoliasi tidak hanya dibutuhkan untuk merawat kulit wajah, tapi juga untuk area kulit kepala. Tekstur kopi yang bisa Anda jadikan scrub ini mampu mengangkat kotoran, mikroba, dan sisa produk lain yang menumpuk. Hal ini tentu akan mencegah munculnya ketombe dan meningkatkan kualitas rambut jadi lebih sehat.

2. Mencegah rambut rontok

Risiko kebotakan menjadi salah satu hal yang ditakutkan, baik laki-laki maupun perempuan. Kondisi ini dipicu oleh dihidrotestosteron kimia (DHT) yang memengaruhi folikel rambut dan secara bertahap membuat pengurangan helaiannya. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat membantu menahan produksi DHT. Akar rambut akan menjadi lebih kuat, sehingga folikel dalam tahap perkembangan anagen bisa bekerja lebih maksimal dan risiko rambut rontok pun akan berkurang.

3. Membuat rambut sehat dan hitam berkilau

Sifat antioksidan pada kafein juga dapat membuat rambut Anda tampak lebih berkilau. Warna kopi yang gelap dapat menjadikan warna rambut makin hitam secara alami. Merawat rambut dengan kopi juga dipercaya membuatnya jadi lebih halus dan lembut serta mudah diatur.

4. Merangsang pertumbuhan rambut

Seperti disebutkan, kafein mampu menghambat produksi hormon DHT untuk mencegah kerontokan rambut. Dan hal ini pun berpengaruh terhadap proses pertumbuhan rambut baru. Keratin yang menjadi protein penting untuk rambut akan diproduksi lebih banyak, sehingga sel matriks akan aktif membelah dan rambut pun akan tumbuh lebih cepat.

5. Menjadi minyak rambut

Kopi juga bisa digunakan sebagai minyak rambut, karena kopi dapat memberikan vitamin untuk merawat rambut. Selain itu, aroma kopi juga akan memberikan efek menenangkan pada kulit kepala Anda.

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Sebagai stimulan yang baik untuk kulit kepala dan rambut, kopi juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Minyak yang dihasilkan dari kopi mengandung asam lemak, yang terdiri dari asam linoleat, asam palmitat, dan asam oleat. Kombinasi senyawa ini akan mempertahankan kelembapan rambut Anda.

7. Membantu menyeimbangkan pH rambut

Manfaat kopi yang juga tidak kalah penting adalah membantu menyeimbangkan pH rambut Anda. Semakin tinggi pH yang terkandung pada produk yang dipakai, hal tersebut akan meningkatkan risiko kerusakan pada rambut. Karenanya, perawatan rambut dengan kopi akan membuat pH pada rambut dan kulit kepala lebih seimbang.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan kopi untuk membantu menyeimbangkan pH pada rambut dan kulit kepala. Dengan demikian, risiko kerusakan rambut bisa berkurang.

Manfaat kopi untuk rambut ini memang sempat viral, karena banyak yang mencampur sampo dengan bubuk kopi untuk keramas. Namun, Moms tidak disarankan untuk terlalu sering melakukannya, terutama bagi Anda yang memiliki warna rambut terang. Keramas dengan campuran ini akan membuat warna rambut tampak semakin gelap.

Tidak hanya untuk keramas, Anda juga bisa memanfaatkan kopi dengan cara lain. Seduhlah kopi, kemudian tuang ke dalam botol semprot. Setelah keramas, semprotkan racikan tersebut di batang rambut dan kulit kepala dan pijat sebentar. Lalu, bungkus rambut dengan shower cap dan bilas setelah didiamkan selama 20 menit. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)