Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Biar Makin Memuaskan, Ini 7 Cara Meningkatkan Mood Bercinta

Biar Makin Memuaskan, Ini 7 Cara Meningkatkan Mood Bercinta

Ada banyak faktor yang bisa menurunkan mood bercinta seseorang, mulai dari stres hingga perubahan hormon. Kalau sudah begini, momen bercinta bisa menjadi kurang menyenangkan dan memuaskan. Ditambah lagi, keharmonisan dan keromantisan Anda dengan pasangan bisa memudar.

Namun, kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan libido dan mood bercinta. Coba lakukan cara-cara berikut ini, Moms!

Baca juga: 5 Cara Ampuh Membangun Mood Suami agar Mau Bercinta

1.  Mengelola kecemasan

Kecemasan bisa memengaruhi hasrat seksual Anda, terlebih jika disebabkan oleh seksualitas itu sendiri yang bisa menurunkan mood bercinta Anda lebih jauh. Faktanya, sebuah penelitian dalam Sage Journals membuktikan bahwa kecemasan bisa memengaruhi kehidupan seksual serta membuat sulit untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi.

Namun, mengelola kecemasan dengan baik bisa membantu memperbaiki mood bercinta. Anda dapat menerapkan beberapa langkah berikut ini untuk mengelola kecemasan.

  • Berolahraga secara teratur
  • Meluangkan waktu untuk melakukan hobi atau aktivitas favorit
  • Mengonsumsi makanan bergizi
  • Melakukan meditasi
  • Menulis jurnal
  • Berkonsultasi dengan terapis.

2.  Jadwalkan untuk berhubungan seks

Mendapatkan mood bercinta sering kali amatlah sulit ketika Anda punya sejuta hal yang perlu dilakukan dalam daftar tugas Anda. Jika terus-menerus dibiarkan, hal ini bisa memengaruhi kehidupan seks dan keharmonisan hubungan Anda dengan pasangan.

“Menjadwalkan seks mungkin terdengar tidak romantis, tetapi memasukkannya ke dalam daftar tugas prioritas Anda mungkin bisa membantu menjaga kehidupan seks dan keharmonisan Anda dan pasangan”, kata Dr. Anita Sadaty, MD, seorang ginekolog holistik di New York.

“Berilah jeda dari daftar tugas terakhir sebelum berhubungan seks, karena Anda dan pasangan perlu rileks sebelum libido meningkat,” tambahnya.

3.  Berolahraga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga bermanfaat buat kesehatan secara keseluruhan, termasuk meningkatkan libido. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di journal Sexual Medicine Reviews mencatat bahwa olahraga terbukti bisa meningkatkan libido dan dorongan seks dengan cara meningkatkan kesehatan jantung, memperlancar sirkulasi darah, dan meningkatkan suasana hati.

4.  Tidur yang cukup untuk seks yang lebih baik

Cukup istirahat juga menjadi faktor gaya hidup yang bisa memengaruhi mood bercinta seseorang. Gangguan tidur telah dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan, termasuk libido rendah dan disfungsi seksual.

Tidur yang cukup bisa membantu tubuh menentukan kapan harus melepaskan hormon seks, karena sekresi hormon dikendalikan oleh jam alami tubuh. Tidur yang cukup juga bisa meningkatkan suasana hati dan tingkat energi secara keseluruhan, yang dikaitkan juga dengan peningkatan libido.

Sebuah studi dalam ​​The Journal of Sexual Medicine menunjukkan bahwa tidur yang cukup di malam hari bisa meningkatkan hasrat seksual di hari berikutnya. Khusus untuk pria, tidur yang cukup bisa meningkatkan testosteron yang juga memengaruhi aktivitas seks, menurut ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Brain Research.

5.  Fokus pada foreplay

Memiliki pengalaman seksual yang lebih baik bisa membantu meningkatkan libido dan mood bercinta. Hal ini bisa dilakukan dengan menghabiskan lebih banyak waktu untuk foreplay, seperti berciuman, menyentuh, dan melakukan seks oral. Dalam hubungan seks, foreplay memainkan peran sangat penting. Pasalnya, menurut penelitian, stimulasi klitoris diperlukan untuk mencapai klimaks.

6.  Mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan libido

Mengonsumsi makanan tertentu bisa memberi Anda nutrisi penting yang akan berkontribusi terhadap peningkatan libido dan mood bercinta. Beberapa jenis makanan untuk meningkatkan libido yakni:

  • Makanan tinggi zinc yang dapat mengatur testosteron dan stamina, seperti tiram, daging merah, dan kacang pinus.
  • Buah-buahan penambah libido seperti ara, pisang, dan alpukat.
  • Makanan tinggi flavonoid yang dapat membantu mencegah disfungsi seksual, seperti jeruk, teh, dan cokelat. Cokelat sudah lama dikenal sebagai salah satu makanan penambah libido, karena bisa mempromosikan pelepasan phenethylamine dan serotonin yang dapat menghasilkan beberapa efek afrodisiak dan peningkatan mood.

7.  Batasi mengonsumsi makanan penurun libido

Makanan yang dapat meningkatkan gairah seks dikenal disebut afrodisiak, sedangkan makanan yang bisa menurunkan gairah seks disebut anafrodisiak. Jika makanan afrodisiak dapat berkontribusi terhadap peningkatkan libido, makanan anafrodisiak justru dapat menurunkan kesehatan seksual Anda, menurunkan libido dan mood bercinta. Makanan anafrodisiak antara lain:

  • Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi yang bisa menyebabkan aliran darah berkurang.
  • Makanan yang mengandung lemak tak jenuh ganda yang bisa mengurangi kadar testosteron.
  • Makanan tinggi natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah.
  • Kacang kedelai yang dapat menurunkan testosteron. Menurut penelitian di Harvard School of Public Health, mengonsumsi terlalu banyak produk kedelai bisa menyebabkan pria mengalami penurunan produksi sperma dan membuatnya jadi lebih feminin.
  • Makanan tinggi gula yang dapat meningkatkan kadar insulin di dalam darah, sehingga bisa menurunkan testosteron dan berakibat pada penurunan libido.
  • Minuman beralkohol yang dapat menurunkan sensitivitas tubuh serta memicu depresi dan sakit kepala yang membuat Anda jadi tidak bisa menikmati hubungan seks dengan maksimal.

Itulah 7 cara untuk meningkatkan libido dan mood bercinta, sehingga momen bercinta akan lebih menggairahkan dan memuaskan untuk Anda dan pasangan. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Cookie_Studio/Freepik)