Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Gampang Lelah? Ini Makanan Antilelah agar Lebih Berenergi

Gampang Lelah? Ini Makanan Antilelah agar Lebih Berenergi

Rasa lelah adalah hal yang normal dialami. Itu tandanya Moms perlu mengisi kembali energi, baik dengan mengonsumsi makanan dan minuman atau beristirahat. Tak hanya asal makan, Moms perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat agar Anda bisa mengatasi lelah dengan maksimal.

Nah, makanan apa saja yang bisa mengatasi lelah? Dilansir dari Medical News Today, berikut ini beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi masalah mudah lelah, Moms.

1. Telur

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), umumnya 1 butir telur mengandung 7 gram protein dan mampu memenuhi 4% kebutuhan kalsium harian dan 6% rekomendasi asupan vitamin A harian. Tak hanya itu, telur juga mengandung lemak tidak jenuh yang menjadi sumber energi Anda untuk beraktivitas.

Baca juga: 7 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

2. Pisang

Kaya potasium, serat, dan karbohidrat, pisang adalah salah satu bahan makanan penuh energi. Menurut sebuah studi yang dimuat jurnal PLoS One, pebalap sepeda yang mengonsumsi pisang menunjukkan performa yang sama baiknya dengan pebalap yang mengonsumsi minuman olahraga.

3. Almond

Kacang almond kaya nutrisi seperti lemak, serat, dan protein. Seluruh zat gizi ini mampu memberi perasaan kenyang dan bisa meningkatkan energi tubuh.

Baca juga: 7 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil, Dukung Perkembangan Janin

4. Semangka

Dehidrasi dapat membuat tubuh mudah lelah. Semangka adalah buah yang kaya air, sehingga menjadi sumber hidrasi tubuh yang baik. Menurut Agricultural Marketing Resource Center, semangka mengandung 92% air dan berbagai vitamin, seperti vitamin A dan C.

5. Kale

Zat besi adalah zat yang penting buat tubuh karena bertugas mengikat oksigen dalam darah yang nantinya akan diolah sebagai energi. Maka, kurangnya zat besi di dalam darah bisa menyebabkan Anda mudah lelah. Menurut USDA, 1 cangkir kale mentah mengandung cukup vitamin, antioksidan, mineral, dan utamanya zat besi.

6. Chia seed

Chia seed atau biji rami kaya nutrisi. Satu ons chia seed mengandung 4 gram protein, 11 gram serat, dan 9 gram lemak. Serat sangat penting untuk mencegah lonjakan gula darah secara tiba-tiba. Perubahan tingkat gula darah yang sangat cepat juga bisa menyebabkan Anda mudah lelah.

Baca juga: Ibu Menyusui, Yuk Konsumsi Chia Seed. Ini Manfaatnya

7. Oat

Tinggi serat dan karbohidrat kompleks, oat mampu menyuplai kebutuhan energi tubuh dengan efektif. Dengan karbohidrat kompleks, tubuh butuh waktu lebih lama untuk memecah gula sehingga Anda punya energi yang lebih lama pula.

Tipsnya, hindari makanan tinggi gula seperti sirup dan madu, roti putih, kue, minuman tinggi kafein, dan makanan ringan yang diproses tinggi seperti keripik kentang. Selain itu, Anda juga perlu makan dengan teratur, lengkap dengan makanan ringan dan makanan utama, serta jaga hidrasi tubuh Anda ya, Moms. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)